menu melayang

Senin, 27 Desember 2021

SOP Digital Marketer


SOP MARKETING
A.   TUJUAN
Memperbesar dan meningkatkan market share perusahaan di benar masyarakat supaya mendatangkan pelanggan.
B.   RUANG LINGKUP
Proses ini dimulai dari melakukan riset pasar terhadap apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pasar, kemudian membuat rencana marketing dan mengaplikasikan melalui sosial media, website, dan marketplace.
C.   TUGAS UTAMA
1.    Bertanggung jawab kepada manajer dan perusahaan
2.    Memasarkan baik perusahaan dan layanan dari Sablon Jogja ID
3.    Memastikan layanan Sablon Jogja ID dijangkau banyak orang
4.    Mengaktifkan kembali sosial media perusahaan
5.    Mencari dan bekerjasama dengan banyak reseller

D.   ROSEDUR
1. Maintance Website
2. Facebook
a)    Merancang materi promosi pertanyaan (Konyol atau serius), kata-kata baik motivasi/hari raya, dalam bentuk tulisan dan meminta staff desainer sosmed untuk membuatkannya
b)    Memposting materi promosi, pertanyaan (Konyol atau serius), kata-kata baik motivasi/hari raya dari staff desainer sosmed di akun facebook, fanpage, dan group
c)    Membalas komentar, pesan DM, berkomentar, memberikan like kepada teman di facebook (Baik beranda maupun yang lain).
d)    Menambahkan teman untuk akun facebook dan mengundang teman untuk like fanpage Sablon Jogja ID
e)    Membuat grup di facebook untuk media promosi reseller Sablon Jogja ID dan mengelolanya.

3. Instagram
a)    Melakukan riset pasar dan koordinasi konten foto dan gambar dengan desainer sosmed
b)    Merancang materi promosi pertanyaan (Konyol atau serius), kata-kata baik motivasi/hari raya, dalam bentuk tulisan dan meminta staff desainer sosmed untuk membuatkannya
c)    Memposting materi promosi, pertanyaan (Konyol atau serius), kata-kata baik motivasi/hari raya dari staff desainer sosmed dan menambahkan copywriting yang tepat di akun Instagram
d)    Membalas komentar, pesan DM, berkomentar, memberikan like kepada teman di Instagram (Baik beranda maupun yang lain).
e)    Menjalankan software amelia dan gramatic dengan tepat
f)     Mencari hastag yang tepat 

4. Email:
a)    Mengirimkan email berupa materi promosi, artikel, kata-kata baik motivasi/hari raya
b)    Membalas email dengan bahasa yang baku sesuai EYD
Contoh: Selamat pagi, pak Ahmad
Silahkan bapak Ahmad untuk menuliskan detail pesanan pak, mulai dari jenis pesanan, ukuran, jumlah, dan desainnya ya.
Terimakasih pak Ahmad.
Salam, Sablon Jogja ID
5. WhatsApp
a)    Mengirimkan WA blast berupa materi promosi, artikel, kata-kata baik motivasi/hari raya
b)    Membalas WA chat dengan baik dan benar
c)    Membuat grup di WA untuk media promosi reseller Sablon Jogja ID
d)    Menggunakan WA-Blast dengan baik dan benar

6. Marketplace
a)    Memposting layanan Sablon Jogja ID
b)    Membalas pesan, dan memberikan komentar di Marketplace
c)    Jika ada pesanan, nanti diteruskan kepada staff admin CS

8. Google Business
a)    Memantau google maps
b)    Membalas semua ulasan yang ada di Google maps, baik pujian atau keluhan
c)    Memposting secara rutin postingan di Google business setiap hari selasa dan jum’at

9. Saat menerima komplain
a)    Mendengarkan penjelasan komplain sampai selesai.
b)    Menirukan nada suara terlebih dahulu, baru kemudian menurunkannya dengan arahan menuju solusi.
c)    Memberikan kepastian terhadap solusi komplain.
d)    Mengucapkan terimakasih atas komplain yang disampaikan dengan tetap menjaga hubungan baik.
e)    Jika terjadi kesalahan dalam proses produksi admin segera mengecek ulang apakah benar kesalahan dari perusahaan atau dari customer, dan menghubungi manager.
f)     Apabila customer masih marah-marah usahakan jangan kepancing emosi tetap layani dengan baik

Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Cari Artikel