menu melayang

Senin, 27 Desember 2021

SOP Admin


SOP Admin
A. Menerima Pesanan
1. Saat ada telpon:
a)    Admin mengucapkan “Selamat pagi/siang, dengan Sablon Jogja ID, ada yang bisa kami bantu? Ini dengan mas/mbak siapa ya?”
b)    Sepanjang menerima telpon, Admin menyebut nama calon pelanggan setidaknya 3 kali.
c)    Admin menjelaskan detail produk secara rinci yang dinginkan pelanggan.
d)    Setelah menerima order, Admin memastikan dengan menyebutkan ulang pesanan.
e)    Sebelum menutup telpon, Admin menanyakan “ada yang lain?”, usahakan menawarkan produk lainnya. Terakhir, Admin wajib mengucapkan “Terimakasih, pak/bu/mbak/mas (namanya)”.

2. Saat ada SMS/WA:
a)    Admin mengucapkan “Pagi/Siang/Sore. Ini dengan mas/mbak siapa ya?”
b)    Sepanjang menerima pesan, Admin menyebut nama calon pelanggan setidaknya 3 kali.
Contoh: Mbak Dewi mau pesan yang kaos atau yang totebag?
c)    Admin menjelaskan detail produk secara rinci yang dinginkan pelanggan.
d)    Ketika mengakhiri obrolan, mengucapkan “Terimakasih, pak/bu/mbak/mas (namanya)”.

3. Saat ada pesan Email:
a)    Pesan email biasanya lebih bersifat formal, maka dari itu admin harus menggunakan bahasa yang formal juga
b)    Membalas dengan bahasa yang baku sesuai EYD
Contoh: Selamat pagi, pak Ahmad
Silahkan bapak Ahmad untuk mennuliskan detail pesanan pak, mulai dari jenis pesanan, ukuran, jumlah, dan desainnya ya.
Terimakasih pak Ahmad.
Salam, Sablon Jogja ID

4. Saat proses negosiasi harga
a)    Mengacu pada standar harga yang ditetapkan.
b)    Ketika negosiasi harga tidak sesuai (Lebih murah) dari harga yang ditetapkan, Admin wajib menghubungi Manager/atasan dengan batasan waktu 30 menit sebelum menelpon kembali si pelanggan.
c)    Menghubungi kembali pelanggan dari negoisasi yang telah disepakati Manager/atasan.

5. Saat pemeriksaan ongkos kirim dan resi
a)    Admin memeriksa ongkos kirim di website resminya saja di jne.com atau posindonesia.com/tarif
b)    Jika susah website-nya bisa memeriksanya di cektarif.com
c)    Segera mengirimkan resi pengiriman ke pelanggan apabila sudah dilakukan pengiriman oleh staff kurir.
d)    Apabila pelanggan nantinya meminta dicek-kan resinya, bisa melalu website cekresi.com.

6. Pembatalan pesanan
a)    Jika pesanan tiba-tiba dibatalkan, belum masuk proses produksi. Bisa dikembalikan tetapi dikembalikannya adalah 75% dari Down Payment / pembayaran full.
b)    Jika pesanan tiba-tiba dibatalkan, sudah masuk dalam proses prooduksi. Uang tidak bisa dikembalikan.

7. Saat DEALING order
a)    Mencatat semua daftar nama telfon/kontak baik yang bertanya saja maupun yang sudah melakukan pemesanan di hari itu.
b)    Menanyakan kepada pelanggan darimana info Sablon Jogja ID yang didapatkan.
c)    Memastikan sudah mengirimkan surat perjanjian pemesanan dengan customer dengan mengirimkan file PDF berupa isi perjanjian tersebut
d)    Semua order dicatat di laptop, dibuku, dan di nota yang disediakan perusahaaan.
e)    Memberi nota kepada pelanggan setelah order (Pelanggan di kantor).
f)     Memastikan pembayaran sudah valid apabila ditransfer dengan menanyakan atasan.
g)    Memastikan pemesanan DP (Down Payment) minimal 60% dari harga penuh dengan catatan produksi dengan waktu normal dan kalau pemesanan dalam jumlah kapasitas besar (Minimal 500 buah), DP minimal 70% atau tanyakan kepada manager produksi.
h)    Jika pesanan untuk acara penting SEMINAR, PELATIHAN, ULANG TAHUN, PERAYAAN HARI BESAR diusahakan membuat kesepakatan. Kemudian koordinasi dengan atasan masalah waktu yang ditentukan.
i)      Pemesanan untuk partai politik Full pembayaran
j)      Pemesanan yang belum dibuaat/ custom aneh dibuat lebih lama (+ satu minggu) kalau ingin cepat jado ada biaya tambahan dan wajib didiskusikan kepala produksi
k)    Apabila pelanggan meminta waktu deadline produksi lebih cepat dari yang biasanya, kurang dari satu minggu, DP (Down Payment) minimal 80% atau lunas.
l)      Melakukan penjadwalan produksi berkoordinasi dengan kepala produksi.

8. Saat pengambilan order
a)    Menanyakan pesanan pelanggan apakah sudah sesuai atau belum.
b)    Mencocokkan pembayaran pelanggan dengan yang sebelumnya apabila pembayaran dengan DP (Down Payment).
c)    Memberikan ucapan terimakasih kepada pelanggan yang sudah melakukan pemesanan dan mengucapkan sampai jumpa kembali di Sablon Jogja ID.

B. Menerima Komplain
a)    Mendengarkan penjelasan komplain sampai selesai.
b)    Menirukan nada suara terlebih dahulu, baru kemudian menurunkannya dengan arahan menuju solusi.
c)    Memberikan kepastian terhadap solusi komplain.
d)    Mengucupkan terimakasih atas komplain yang disampaikan dengan tetap menjaga hubungan baik.
e)    Jika terjadi kesalahan dalam proses produksi admin segera mengecek ulang apakah benar kesalahan dari perusahaan atau dari customer, dan menghubungi manager.
f)     Apabila customer masih marah-marah usahakan jangan kepancing emosi tetap layani dengan baik

Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Cari Artikel